4 Cara Ampuh MempercepatLoading Blog


Seperti yang kita telah dibahas, loading blog sangat berpengaruh terhadap kenyamanan visitor alias pengunjung blog kita. Jika memang kita peduli pada visitor blog, tidak ada salahnya untuk memperhatikan hal yang satu ini dengan teliti sobat. Sayang kan kalau visitor setia kita lari cuma gara- gara loading blog yang berat sangad? Blogger manapun pasti tidak mau hal ini terjadi kan?
Nah sebelum pergi ke tips 4 Cara Ampuh MempercepatLoading Blog, tidak ada salahnya sobat membaca kembali postingan 5 Hal yang Menyebabkan Loading Blog Berat/ Lama agar sobat lebih memahami dan mengira- ngira terlebih dahulu apa si biangnya blog sobat menjadi berat alias lola alias loading lama.  Setelah itu baru, mengambil kesimpulan dan mulai menerapkan tips dibawah ini untuk mempercepat loading blog.
1.     Mempercepat Loading Blog dengan Kompresi CSS
Ukuran file CSS ( Cascading Style Sheets ) dalam sebuah template blog menentukan berapa banyak kode yang harus dibaca sebuah browser untuk dapat me- load sebuah  halaman. Dengan melakukan kompressi atau meringkas CSS, secara tidak langsung kita telah meringankan beban si browser dalam me- load halaman sehingga loading blog atau website menjadi lebih ringan. Untuk lebih lengkap mengenai CSS silakan sobat baca kembali postingan Mempercepat Loading Blog dengan Kompressi CSS.
2.     Mengurangi Ukuran Gambar
Ukuran gambar yang terlalu besar sudah pasti jadi boomerang blog karena akan membuat browser bekerja lebih keras dalam me- load sebuah halaman. Untuk menghindari loading blog yang terlalu berat, sebaiknya sobat lebih selektif dalam melakukan upload gambar yang mempercantik tampilan blog. Pilihlah gambar yang berukuran kecil atau lakukan resize terlebih dahulu jika gambar yang akan digunakan terlalu besar.
3.     Kurangi Penggunaan Javascript dan Widget
Sama seperti gambar, javascript dan widget yang terlalu banyak akan menguras kerja browser untuk lebih lama dalam me- load sebuah halaman. Maka secara sederhana dapat disimpulkan bahwa blog yang terlalu banyak memuat javascript, dan widget maka akan memiliki waktu load halaman yang lebih lama alias lebih berat! Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya teman- teman blogger lebih selektif dalam memasang widget dan menambah javascript. Jangan asal memasang javascript hanya agar blog terlihat lebih cantik, tapi sebenarnya widget itu sendiri sangat minim fungsinya.
4.     Idealkan Jumlah Postingan di Halaman Utama
Jumlah postingan  yang terlalu banyak di halaman utama bukan hanya membuat beban loading blog bertambah, melainkan juga membuat blog terlihat lebih “gemuk” dan padat merayap. Padahal seharusnya hal ini bisa kita antisipasi dengan cara membuat widget recent post atau membuat daftar isi berdasarkan label tertentu. Selain itu jumlah postingan yang ideal di halaman utama adalah tidak lebih dari 5 postingan.
Nah sobat, sudahkan menerapkan 4 Tips Sederhana Mempercepat Loading Blog tersebut?
Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat ^_^

dari berbagai sumber

Artikel Terkait:



0 Responses to "4 Cara Ampuh MempercepatLoading Blog"

Post a Comment

 
Return to top of pageCopyright © 2012 | Blog Koleksiku Saja Converted into Blogger Template by Gusmanto