Cara Hack Facebook dan Cara Menghindarinya


Dulu sekali Tutorial Blog Pemula pernah membahas Tips Mencegah Akun Facebook kena Hack. Sekedar untuk refresh postingan tersebut, maka postingan kali ini masih berhubungan dengan postingan lama tersebut, yaitu Cara Hack Facebook dan Cara Menghindarinya.
Pada dasarnya facebook sama seperti situs jejaring social lainnya, tapi entah kenapa situs yang satu ini sepertinya menjadi favorit beberapa hacker untuk bereksperiman meluncurkan ilmu- ilmu hacker- nya. Ada beberapa cara yang sering digunakan seorang hacker untuk melancarkan aksinya dalam hal meng- hack sebuah akun facebook.
Salah satu cara hack facebook yang paling popular adalah Phising atau Fake Login. Secara harfiah phising dapat diartikan sebagai memancing. Disini dapat diartikan bahwa para hacker meng- hack akun facebook korbannya dengan cara memancing si korban untuk mengunjungi website tertentu. Yang dimaksud website tertentu ini adalah halaman facebook palsu atau yang dikenal dengan istilah fake login facebook. Phising adalah salah satu metode yang paling sering digunakan hacker dalam meng- hack akun seseorang.
Berikut ini adalah beberapa metode hacking dengan cara Phising :
1.     Mengirim Email Palsu
Waspadalah jika menerima sebuah email berisikan ajakan untuk mengunjungi sebuah link atau url yang tidak familiar atau tidak sobat benar- benar ketahui. Bukan tidak mungkin url yang diberikan adalah bertujuan untuk membobol akun jejaring sosial sobat.
2.     Chat melalui Internet Messenger ( IM )
Sama halnya seperti email palsu, disini si hacker menjebak si korban dengan berusaha merayu korbannya mengunjungi sebuah url yang mengarah ke link facebook palsu.
3.     Melalui Sebuah Situs
Ada beberapa kemungkinan yang hacker gunakan untuk meng- hack korbannya, yaitu membuat sebuah artikel menarik tentang facebook di sebuah website dan mengarahkan korbannya ke halaman login facebook palsu atau menggunakan situs- situs iklan baris dengan tawaran menggiurkan yang intinya mengarahkan korbannya ke halaman login facebook palsu, dsb.
Cara Kerja Fake Login Facebook
Fake Login Facebook dapat dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan kualitas hackingnya, yaitu :
1.     Low Quality Fake Login ( Simple Fake Login )
·         Korban memasukkan username dan password akun facebook, maka username terekam oleh hacker pemilik halaman login palsu.
·         Korban tidak sadar karena korban tetap berada di halaman tersebut alias tidak redirect ke situs lain.
2.     Medium Quality Fake Login ( Standar Fake Login )
·         Korban memasukkan username dan password akun facebook, maka username terekam oleh hacker pemilik halaman login palsu.
·         Korban akan redirect ke halaman facebook asli, seakan- akan korban salah memasukkan username dan password, sehingga korban baru masuk ke akun facebook aslinya setelah mencoba berulang kali.
3.     High Quality Fake Login
·         Korban memasukkan username dan password akun facebook, maka username terekam oleh hacker pemilik halaman login palsu.
·         Korban akan redirect secara otomatis ke halaman facebook asli “dalam kondisi normal” atau tanpa masalah, sehingga korban bahkan tidak merasa adanya kejanggalan tertentu.
Bagaimana Cara Menghindari Phising?
·         Jangan mudah terpancing dengan ajakan orang yang tidak dikenal untuk berkunjung ke situs yang mencurigakan, apalagi dengan iming- iming menggiurkan dan tidak masuk akal.
·         Selalu perhatikan alamt url yang akan Anda kunjungi dengan teliti, jangan terpaku pada url tersembunyi, yaitu url bernama A tapi ternyata menuju ke url B. Misalnya tertulis http://facebook.com tapi ternyata url nya bukan ke facebook melainkan ke http://blogpemula-tutorial.blogspot.com.
·         Biasakan login dengan memperhatikan url di address bar browser atau lebih baik lagi selalu mengetik sendiri alamat login url seperti http://facebook.com.
*Berbagai Sumber


Artikel Terkait:



0 Responses to "Cara Hack Facebook dan Cara Menghindarinya"

Post a Comment

 
Return to top of pageCopyright © 2012 | Blog Koleksiku Saja Converted into Blogger Template by Gusmanto