Mendapatkan Uang dari Blog dengan Paid Review


Cara ketiga mendapatkan uang dari blog yang akan saya bahas sekarang adalah dengan paid review atau paid to review atau sponsored post. Apa itu paid review? Paid review adalah cara mendapatkan uang dari blog dengan menulis artikel review atau ulasan mengenai website, blog atau produk orang lain dalam bentuk tulisan atau bisa juga video. Ada tiga pihak yang terlibat dalam paid review program. Pertama adalah Advertiser, yaitu pemilik website, blog atau produk yang ingin mempromosikan website, blog atau produknya di Internet. Dengan kata lain, Advertiser adalah pihak yang meminta website, blog atau produknya direview. Kedua adalah Blogger, yaitu pemilik blog yang menerima order untuk membuat artikel review atau memberi ulasan mengenai website, blog atau produk si Advertiser. Pihak ketiga adalah situs paid review atau disebut juga broker, yaitu website tempat bertemunya advertiser dan blogger. Saat ini situs paid review yang masih aktif di Indonesia tinggal adreviewcamp. Situs paid review Indonesia yang lain adalah Reviewmu, tapi sudah tidak aktif lagi. Situs paid review yang menggunakan bahasa Inggris tentu banyak sekali misalnya sponsoredreviews.com, payperpost.com, expotv.com, dooyoo.co.uk, shvoong.com, ciao.co.uk, reviewme.com reviewstream.com, dan lain-lain.
Mengapa orang ingin website, blog atau produknya direview?

Semua pemilik website dan blog tentu harus mempromosikan website dan blognya untuk meningkatkan traffic website atau blognya. Ada banyak cara mempromosikan website dan blog, salah satunya adalah dengan menggunakan mesin pencari. Tentunya cara ini baru akan berhasil apabila website dan blog tersebut berada di urutan pertama atau paling tidak berada di halaman pertama hasil pencarian. Seperti yang saya jelaskan di salah satu artikel saya bahwa peringkat hasil pencarianwebsite atau blog Anda ditentukan oleh dua hal yaitu, penggunaan teknik SEO dan jumlah backlink (yang berkualitas). Nah, meminta orang lain untuk mereview website atau blog Anda merupakan cara untuk mendapatkan backlink dengan cepat.Selain untuk mendapatkan backlink dengan cepat, ulasan atau artikel review yang isinya positif akan sangat berguna untuk mempromosikan suatu website atau blog. Banyak orang yang suka mencari artikel tentang ulasan atau review suatu website, blog, produk dan layanan terutama sebelum melakukan pembelian maupun berlangganan newsletter. Mereka ingin mengetahui pendapat dan pengalaman orang lain yang telah menggunakan produk yang ingin mereka beli, bagaimana kesan orang lain yang sudah bertransaksi di suatu website atau blog, bagaimana pendapat orang lain mengenai kualitas informasi suatu website atau blog, apakah suatu website atau blog melakukan scam, dan lain-lain. Dengan adanya artikel review atau ulasan pihak lain, orang akan menjadi lebih yakin dan percaya terhadap produk yang ingin mereka beli.

Cara mengikuti program paid review?
Untuk dapat mengikuti program paid review, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mendaftarkan blog Anda di situs paid review. Kalau ini merupakan pertama kali Anda mendaftar di situs paid review, bacalah terlebih dahulu peraturan dan kebijakan yang ditentukan oleh situs paid review tersebut. Setiap situs paid review atau broker memiliki peraturan untuk blogger / publisher dan advertiser. Namun, tidak semua situs paid review memiliki peraturan yang sama. Kalau ada, baca juga kriteria atau persyaratan agar blog bisa disetujui.
Setelah blog Anda disetujui, langkah selanjutnya adalah mencari iklan review yang dipasang oleh advertiser atau bisa juga Anda yang menunggu penawaran dari advertiser. Apabila Anda menerima tawaran untuk membuat artikel review, segeralah membuat dan menyelesaikan artikel review sesuai ketentuan dan persyaratan yang diminta broker dan advertiser agar artikel review Anda bisa disetujui. Ingat, ketentuan dalam penulisan artikel review antara broker dan advertiser yang satu dengan broker dan advertiser yang lain bisa berbeda.
Setelah menyelesaikan artikel review, langkah selanjutnya adalah mengirim URL artikel review. Kemudian, situs paid review dan atau advertiser akan memeriksa artikel review yang Anda tulis. Artikel review Anda bisa langsung disetujui atau Anda diminta untuk merevisi artikel review. Kalau Anda diminta merevisi artikel review, segeralah merevisinya dalam jangka waktu yang ditentukan.
Apabila artikel review Anda disetujui, barulah Anda akan dibayar. Tentunya setiap situs paid review atau broker memiliki jadwal pembayaran dan cara pembayaran yang berbeda-beda. Besarnya bayaran ada yang melalui negosiasi antara advertiser dengan blogger, ada yang ditentukan oleh advertiser, dan ada juga yang ditentukan oleh blogger. Kalau Anda bisa menentukan harga review, seperti di adreviewcamp, keuntungannya adalah Anda bisa memasang tarif yang tinggi bila Anda memiliki blog dengan traffic dan pagerank yang tinggi.
Apa keuntungan dan kekurangan mengikuti program paid review?
Keuntungan mengikuti program paid review adalah sebagai berikut:
1. Anda mendapatkan bayaran atas artikel review yang Anda tulis. Bandingkan dengan menulis artikel biasa di mana Anda tidak mendapat bayaran.
2. Anda dibayar berdasarkan jumlah artikel review yang Anda tulis. Semakin banyak artikel review yang Anda tulis, maka pendapatan Anda akan semakin besar.
Sedangkan kekurangan mengikuti program paid review adalah:
1. Broker atau advertiser biasanya menyukai blog dengan traffic dan pagerank yang tinggi. Apabila traffic dan pagerank blog Anda masih rendah, maka blog Anda mungkin tidak akan disetujui oleh broker. Kalaupun disetujui, sulit bagi Anda untuk mendapat tawaran menulis artikel review.
2. Saya membaca beberapa referensi yang menyebutkan bahwa Google tidak menyukai blog yang memiliki artikel yang mengandung link berbayar atau artikel review. Akibatnya blog tersebut bisa diturunkan pagerank-nya oleh Google atau bahkan bisa dihapus dari Google index. Menurut saya, hal ini cukup mengherankan karena apa bedanya memasang backlink melalui paid review dengan iklan baris. Dua-duanya toh sama tidak gratis tapi kenapa paid review tidak disukai oleh Google. Saya sendiri masih meragukan apakah betul Google tidak menyukai paid review program. Bagaimana pendapat Anda?
Tips mengikuti program paid review
Ok, sekarang saya mau memberikan beberapa tips untuk mengikuti program paid review.
1. Ikutilah program paid review jika Anda sudah memiliki traffic atau pagerank yang tinggi.
2. Tulislah artikel review yang sesuai dengan topik blog Anda. Artikel review yang isinya sesuai dengan topik blog Anda tentu akan sangat bermanfaat bagi pembaca blog Anda dan Anda sendiri. Sebaliknya, artikel review yang isinya tidak sesuai dengan topik blog Anda akan membingungkan pembaca blog Anda karena artikel tersebut bukanlah artikel yang mereka cari di blog Anda.
3. Tulislah artikel review dengan jujur. Artikel review yang positif tentu akan menyenangkan si advertiser. Namun kalau ada kekurangan, tulislah kritik secara positif. Artikel review yang isinya menjelek-jelekkan tentu akan ditolak.
4. Ikuti ketentuan atau persyaratan penulisan artikel review yang ditentukan oleh broker dan atau advertiser. Anda tidak perlu menerima tawaran menulis artikel review kalau Anda tidak setuju dengan persyaratan penulisan artikel review.
Semoga artikel ini berguna. Nantikan artikel cara mendapatkan uang dari blog berikutnya ya!


Artikel Terkait:



0 Responses to "Mendapatkan Uang dari Blog dengan Paid Review"

Post a Comment

 
Return to top of pageCopyright © 2012 | Blog Koleksiku Saja Converted into Blogger Template by Gusmanto