Teknik Mempercepat Loading Akses Blog WordPress


Alasan utama saya sering gonta-ganti theme WordPress beberapa hari terakhir ini, sebenarnya bukan karena saya tipe orang pembosan. Namun karena loading akses, theme yang rekan lihat ini yaitu Ads Theme (adalah theme ke 2 yang saya install di blog ini setelah theme Lightbreaker) sangat lelet loading aksesnya.
Memerlukan waktu hingga 4 sampai 5 detik untuk membuka blog ini, oleh karena hal itu saya beralih ke theme Elegant Theme, real eastate theme, Pemuda, Forte, dan lain-lain. Memang theme-theme tersebut jauh lebih cepat loading aksesnya dan desainnya bagus semua, tapi karena saya sudah terlanjur cinta sama theme ini, akhirnya saya putuskan untuk kembali memakai Ads Theme.

Lalu saya mengembara di codex.wordpress.org juga Googling untuk mencari trik mempercepat loading akses blog WordPress, dan syukurlah saya menemukan banyak cara walaupun tidak semuanya dapat saya terapkan karena satu hal, hasilnya blog ini sekarang jauh lebih cepat di akses.
Oh iya saya melihat perhitungan waktu akses dengan menyelipkan kode php di bagian footer, jadi setiap terjadi loading maka kode ini akan menampilkan beberapa detik lamanya dan berapa sql queries yang di eksekusi oleh Browser, jika anda ingin menyelipkan ini dia kodenya (selipkan sebelum </body> theme anda):
<?php echo get_num_queries(); ?> queries in <?php timer_stop(1); ?> seconds.
Tampilannya:
queries loading akses
Dari laporan kode itulah saya jadi tahu perhitungan waktu dan jumlah queries perloading, itu adalah perhitungan sekarang, dulunya hingga 5.906 seconds dan diatas 150 queries, tentu anda bisa bayangkan betapa leletnya mengakses blog ini saat itu, namun sekarang angka 1. sekian detik merupakan waktu maksimal dan secara umum blog ini dapat diakses dengan waktu 0. sekian detik.
Sekalian saya ingin membagi tekniknya pada rekan semua yang punya masalah sama, cara berikut adalah cara yang dapat saya terapkan dan tidak dapat saya terapkan berserta alasannya.

Teknik Mempercepat Loading Akses Blog WordPress

1. Saya install plugin DB Cache, seperti umumnya plugin caching system, plugin jenis ini membantu agar blog kita lebih cepat di akses dan responsif. Pastinya rekan semua sudah tidak asing dengan plugin WP-Cache dan WP-Super Cache, namun saya kurang suka dengan WP Cache karena tampilan halaman kita tidak aktual, namun tampilan yang kemarin, sehingga sering sekali pengunjung blog ini protes karena komennya tidak tampilan, yah gimana mau tampil karena tampilan kemarin yang anda lihat setelah anda publish komentar. Lain halnya dengan DB Cache, mempunyai fungsi yang sama namun kelebihannya ialah tampilan blog kita tetap aktual dan up-to-date dan juga menghemat disk space untuk menyimpan file halaman WP yang di cache. Jadi kita mendapat kecepatan juga mengehemat disk space dan bandwidth.
2. Install plugin Optimize DB, plugin ini mengoptimasi database dan membersihkan database anda, sehingga table data yang sering di update.
Plugin DB Optimize
3. Saya meminimalisir Whitespace di kode PHP dan CSS: bagi yang belum tahu: Whitespace adalah spasi yang digunakan dalam penulisan kode. Whitespace digunakan agar tampilan kode mudah dibaca dan terorganisir. Namun meminimalisirnya akan mempercepat waktu loading dan mencukur ekstra bytes dari total byte anda. Contohnya:
Kode dengan Whitespace:
#nav ul li {
float: left;
list-style: none;
}
Setelah Whitespace hilang:
#nav ul li { float: left; list-style: none;}
Bisa juga menghilangkan Whitespace secara online seperti CSS Formatter, namun hasilnya kode CSS kita jadi panjang kekanan dan sangat sulit dibaca jika nanti ingin melakukan edit, jadi saya meminimalkannya secara manual.
4. Mengoptimasi dan memperbaiki (repair) database lewat myPhpAdmin, direkomendasikan setiap seminggu sekali anda login ke myPhpAdmin kemudian melakukan optimasi dan perbaikan, dengan men-cek/klik semua “Tables” kemudian klik “Optimise Tables Option” dan “Repair table”, seperti gambar berikut ini contohnya:
table di myPhpAdmin
Cara ini yang tidak bisa saya terapkan, karena blog ini pinjaman dari Hyperwebenable dimana saya tidak diberi akses ke CPanel, namun saya telah terapkan di blog saya yang lain yang saya sewa hosting maupun hosting gratis dan hasilnya fantastis. Tips ini mengoptimasi kinerja database juga memperbaikinya sehingga mempercepat proses loading.
5. Saya membuang plugin yang tidak terpakai atau tidak terlalu berguna, ternyata banyak plugin yang tidak saya pakai mangkal di dashboard, saya malas sekali ingin ngedeletenya walau saya tahu mereka membuat lelet blog ini. Dan juga file yang tidak terpakai saya buang, misalnya di theme Ads theme ini ada file smart-archive.php dan adsense.php, ke 2 file tersebut tidak saya gunakan maka saya buang.
6. Saya turunkan banner-banner affiliasi di sidebar dan juga membuang image feedburner dan Infogue.com di bagian bawah posting.
7. Tidak menyimpan file gambar pada direktori upload, menyimpan file gambar pada direktori upload bisa menjadi masalah besar. Kenapa saya katakan masalah besar? Karena internet penuh dengan tukang copy-paste , jika artikel kita menampilkan banyak gambar seperti ini: Install WordPress tanpa fantastico, dan kebetulan tukang copas (copy-paste) mampir lalu naluri mencurinya muncul saat membacanya, ia kemudian langsung mengcopy seluruh isinya dan paste ke blognya…bukan saja artikel namun semua file gambar kita ikut di tercopy. Dan dampaknya file-file gambar yang tampil diblognya memakan bandwidth kita dan imbasnya akan membuat lelet blog kita jika trafik blog si pencuri tinggi.
Maka saya tinggalkan ini:
http://abibakarblog.com/wp-content/themes/AdsTheme/images/namafilegamber.gif

Saya gunakan layanan gratis, sepert blogspot atau geocites.yahoo.com tuk nyimpan file gambar jadi jika tukang copas mencuri artikel saya maka saya tidak rugi bandwidth.
Alasan kenapa theme ini lelet karena secara otomatis Hyperwebenable menaruh 11 javascript di halaman Index.php jika dilihat dari View Source, dan yang mengherankan di theme-theme yang pernah saya install hanya 1 javascript. Dan juga bentuk desainnya yang panjang kebawah disertai di sidebar bentuk 2 kolom plus di tambah saya menaruh 3 kolom pada footernya sehingga memakan banyak loading time ditambah pula jumlah posting, tag dan komentar.
NB: Jika rekan ada yang punya cara jitu (dan pastinya tidak dengan login ke cpannel) tolong tulis dikomentar agar bisa saya ikuti.
Semoga bermanfaat & sampai jumpa diposting berikutnya.

Artikel Terkait:



0 Responses to "Teknik Mempercepat Loading Akses Blog WordPress"

Post a Comment

 
Return to top of pageCopyright © 2012 | Blog Koleksiku Saja Converted into Blogger Template by Gusmanto