Menghilangkan Babylon Sebagai Default Search Engine (Firefox Toolbar)



Kemaren itu aku nginstal-nginstal theme manager dari Stardock. Niatnya mau nyoba ngubah tampilan kotak log on WinXP. Tapi samtingsrong. Error runtime bla bla bla. Akhirnya aku uninstall aja lagi semuanya.
Ternyata dalam instalan itu ikut keinstal Babylon toolbar. Iconnya memang muncul di desktop, tapi awalnya aku kira itu program kamusnya Babylon. Lalu tiba-tiba saja, Roma Irama direkrut jadi anggota Cherrybelle. Eh, bukan. Default search di broswer Mozilla Firefox berubah jadi babylon.com, bukan Google lagi. Kamfreto nggak tuh.
ImageLantas aku browsing-browsing nyari tau gimana cara ngilanginnya. Berbagai cara kucoba dan nggak berhasil. Arrggh. Rasanya jiwaku didalam salto-salto kebelakang sambil pake kostum catwoman. “Tolong Baim ya Allah…” rintih hatiku.
Dulu sebetulnya aku pernah ngalamin kejadian yang sama. Waktu itu kalo nggak salah inget aku dapet solusinya dari kaskus. Tapi aku udah lupa gimana ritual pemanggilan setannya. Eh. Maksudnya ritual ngilangin si Babylon yang menyerang browser.
Tapi akhirnya, saya sudah menemukan kembali artefak yang hilang itu.
Semoga cara-cara berikut ini bisa membantu kamu yang lagi punya masalah yang sama (nggak cuma Firefox lho):
  • Buka Control Panel > Add/Remove Programs. Lalu uninstall/remove Babylon dari daftar.
  • Hapus folder Babylon dari C:/Program Files.
  • Jujur aku nggak ngerti ngedit-ngedit Registry. Kalau yang ini aku biasanya liat petunjuknya aja dari Internet. Tapi jika kamu terbiasa ngutak-ngatik si Registry ini, silahkan dicoba untuk menghapus semua sisa instalan Babylon dari PC. [Start > Run > Regedit]
  • Yang terakhir, di Firefox, ketikkan di address bar: about:config. Lalu klik I’ll be careful, I promise. Ketikkan nama Babylon. Kemudian di setiap hasil pencarian yang muncul, klik kanan > reset. Maka search engine default akan berubah kembali jadi Google.
Semoga tips singkat ini membantu. Kalau ada yang mau nambahin silahkan tulis di komentar. Itung-itung buat tambahan informasi juga buat saya kalo lain kali terjadi lagi hal yang sama. (Moga-moga aja nggak. :( Amin.)


Artikel Terkait:



0 Responses to "Menghilangkan Babylon Sebagai Default Search Engine (Firefox Toolbar)"

Post a Comment

 
Return to top of pageCopyright © 2012 | Blog Koleksiku Saja Converted into Blogger Template by Gusmanto