Menggunakan Whatsapp di Komputer



Siapa yang tidak mengenal Whatsapp? Aplikasi chat multi platform yang awalnya dibuat untuk Iphone. Sekarang applikasi ini bisa berjalan di Blackberry, Android dan Symbian. Applikasi ini memungkinkan HP  biasa bisa BBM-an dengan BlackBerry. Berbeda dengan Blackberry messenger yang menggunakan PIN unik untuk menambahkan daftar teman. Di Whatsapp untuk menambahkan teman, no hp teman Anda yang diperlukan. Menariknya, Anda tidak perlu menambahkan teman didalam aplikasi Whatsapp tersebut. Cukup isi daftar Phonebook Anda dengan teman Anda beserta no hp nya, dan lakukan sinkronisasi dengan menekan tombol refresh di option saat berada di daftar teman (+). Nah, apabila teman Anda terdaftar menggunakan no HP tersebut, Whatsapp akan mencarinya sendiri dan menampilkan teman Anda langsung di daftar panggilan. Dan pada kesempatan ini, saya akan menulis artikel bagaimana menggunakan Whatsapp di personal computer desktop.Cara menggunakannya:
  • Silakan install Youwave

Untuk back, menu atau home bisa memakai tombol yang tersedia dibawah layar emulator.

Bisa menjalankan Aplikasi Facebok untuk Android.

Twitteran juga bisa. Pakai UberSocial.

Namun ukuran software lumayan besar, sekitar 100mega.
Yang versi 2 sudah mendukung Android 2.3. Namun sayangnya berbayar.
Untuk menginstall aplikasi Android ke emulator silakan download apknya secara manual semisal dari freewarelovers.com/android. Kemudian kopi file apk tadi ke C:\Documents and Settings\Nama Profile Anda\youwave\android apps. Nanti aplikasinya akan ada di kotak sebelah kiri emulator (seperti gambar diatas). Diklik maka akan terinstall di emulator.
Tidak semua aplikasi dapat dimainkan dengan emulator ini. Yang berhasil saya coba dengan lancar antara lain Facebook, Twitter, UberSocial dan Mig33 v3. Jadi silakan dicoba aplikasi lain.
Saat dijalankan di notebook, software ini bisa berjalan dengan lancar, sayangnya layar notebook kekecilan. Jadi menu terpotong. Enaknya di layar yang besar.
  • Silakan download Whatsapp versi ini – download dari Mediafire atau bisa dari 4shared. Ini Whatsapp versi lama, karena jika install versi baru akan gagal.
  • Simpan aplikasi Whatsapp tersebut di C:\Documents and Settings\Nama Profile PC Anda\youwave\android apps.
  • Aplikasi akan ada di kotak sebelah kiri emulator. Diklik maka Whatsapp akan terinstall di emulator.
  • Jalankan Whatsapp, akan ada isian untuk memasukkan nomor telepon Anda.
  • Setelah selesai memasukkan nomor telepon maka akan ada sms verifikasi masuk ke ponsel Anda.

  • Jendela verifikasi sms masih belum berubah, agak lama berubahnya. Setelah itu akan ada isian untuk memasukkan kode sms atau untuk meminta ulang kode via telepon. Masukkan kode yang diterima ke dalam kotak yang tersedia.
  • Akan ada peringatan bahwa Whatsapp sudah kedaluarsa. Klik link download yang muncul untuk mengunduh versi terbaru.
  • Untuk menambahkan kontak silakan melalui menu kontak yang ada di emulator (Kayak nambah kontak di ponsel android). Jadi harus nambah satu-satu teman yang punya Whatsapp.
Kelemahannya emulator berukuran besar, sekitar 100megaan. Namun selain bisa untuk Whatsapp, dapat pula untuk mencoba aplikasi android lainnya. Selain itu Whatsapp tidak bisa dobel. Jika Anda mengaktifkan Whatsapp dengan nomor yang sama di ponsel A, maka Whatsapp di ponsel B tidak bisa jalan lagi dan harus install ulang. Kalau menggunakan emulator maka yang di ponsel menjadi tidak aktif dan harus reinstall apabila ingin menggunakannya lagi. Untuk lengkapnya silahkan menuju kesini.
Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:



1 Responses to "Menggunakan Whatsapp di Komputer"
badu said...

nice post..masbrooo ijin sedot ya


May 19, 2013 at 10:34 AM

Post a Comment

 
Return to top of pageCopyright © 2012 | Blog Koleksiku Saja Converted into Blogger Template by Gusmanto