Kelebihan dan Kekurangan OS Windows Phone 7


Microsoft telah meresmikan peluncuran Windows Phone 7 dan sekaligus memberitahukan 10 ponsel pertama yang akan dijual. Kehadiran Windows Phone 7 ini diharapkan bisa mendongkrak pamor Windows Mobile yang terus merosot belakangan ini. Pertanyaannya apakah bisa Windows Phone 7 bersaing dengan Apple dan Android yang saat ini merajai pasar ponsel pintar?
Mari coba kita lihat beberapa kelebihan di Windows Phone 7:
– Live Tiles:
Microsoft mengklaim bahwa fitur yang bisa menghadirkan segala informasi di halaman awal (home screen) membuatnya menjadi satu-satunya ponsel yang punya fitur ini. Penting?? Tergantung tetapi memang kita bisa melihat semua informasi mulai dari SMS/ email masuk, Facebook update dan lainnya tanpa perlu klik ke menu lainnya.
- Office Hub
Seperti kita tahu, kelebihan dari OS Mobile dari Microsoft adalah punya aplikasi Office seperti Word, Excel dan lainnya dan sejauh ini memang hanya OS Windows Phone 7 yang memberikan kenyamanan dalam hal untuk kerja dengan aplikasi Office.
- Xbox Live
Ini juga hal penting bagi anda yang suka main game di ponsel karena Windows Phone 7 bisa memainkan beberapa game Xbos Live yang pastinya tidak dimiliki oleh ponsel lain
- MarketPlace Hub
Sama seperti Apple Store dan Android Market, melalui MarketPlace kita bisa menginstall banyak aplikasi lain. Pertanyaannya, apakah aplikasi ini gratis atau harus bayar?? :-)
- Search & Maps featuring Bing
Jika Android memanfaatkan mesin pencari Google, tentu di Windows Phone 7 ini memanfaatkan Bing yang memang milik si Om Bill Gates.
Jika Android punya Google Maps, di Windows Phone 7 punya Bing Maps yang menurut kami memang lebih banyak add-ons dibandingkan Google Maps.
- Email featuring Outlook Mobile
Jika anda sering menggunakan Microsoft Outlook maka di Windows Phone 7 ini menjanjikan fitur yang hampir sama seperti di Outlook dimana banyak hal yang terintegrasi di dalamnya, mulai dari email, kalender dan lainnya
- Internet Explorer Mobile
Apa sih yang dibutuhkan oleh seuah browser?? Hanya 3 kata yaitu “cepat,cepat dan cepat”. Nah, apakah mobile browser ini akan sama bagusnya dengan Internet Explorer 9 yang cukup cepat?? Kita lihat saja nanti.
- Find My Phone
Ini fitur yang membuat anda sedikit tenang karena bila ponsel anda hilang (amit-amit sih) maka melalui “Find My Phone” kita bisa menemukannya.
Cukup log-in ke Windows Live dari PC kemudian melalui web ini kita bisa melakukan beberapa hal mulai dai mengunci ponsel, menghapus data di ponsel atau mencari lokasi secara nirkabel.
Nah, kalau ada kelebihan berarti ada juga kekurangan, dari sumber yang kami baca, ternyata banyak kekuarangan di Windows Phone 7 ini yang menurut kami tidak masuk akal.
Kemudian mau tahu apa saja kekurangan Windows Phone 7?
– No Bluetooth file transfers
Ini artinya kita tidak bisa kirim file dari atau ke ponsel Windows Phone 7 dan sepertinya harus menggunakan aplikasi terpisah
- No USB mass storage mode
Artinya kita tidak bisa melihat isi file di komputer melalui Windows Explorer secara langsung dan harus menggunakan aplikasi bawaan dari ponsel
- No Flash or Silverlight support in the browser
Kemungkinan besar anda tidak bisa melihat video seperti YouTube dan lainnya melalui browser yang ada
- No video calls Tidak bisa melakukan video call seperti yang bisa dilakukan oleh iPhone 4 atau tidak bisa mengharapkan aplikasi seperti Skype di install di dalamnya
- No custom ringtones
Penting atau tidak penting, sepertinya cukup membosankan bila bertahun-tahun harus mendengarkan ringtone yang sama.
- No multitasking
Ini yang paling aneh menurut kami, kenapa juga tidak bisa multitasking mengingat ini sangat penting bagi anda yang suka menjalankan beberapa aplikasi sekaligus di saat bersamaan. Masalahnya di Windows Mobile seri 6, Multitasking-lah yang membuat Windows Mobile OS lebih baik dibanding yang lain.
- No copy/paste
Satu lagi keanehan, kok bisa-bisanya fitur ini dihilangkan, walaupun mungkin jarang digunakan, tetap saja dibutuhkan.
- No DivX/XviD video support
Agak repot memang mengingat sekarang format video banyak yang menggunakan format diatas tetapi ini bisa diakalin dengan mengkonversi format video tersebut melalui aplikasi Zune
- No internet tethering support
Penting bagi anda yang suka menggunakan ponsel untuk koneksi internet ke notebook tetapi kalau tidak pernah (seperti kami), ini tidak masalah dan kemungkinan besar ada aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk membuat ponsel anda sebagai router.
Terlepas dari kekurangan dan kelebihan yang ada di Windows Phone 7 sebenarnya setiap Mobile OS juga punya kelebihan dan kekurangan. Betul kan??
Sekarang, kita tunggu saja apakah Windows Phone 7 bisa membuat Microsoft bangkit dari keterpurukannya. :-)

Artikel Terkait:



0 Responses to "Kelebihan dan Kekurangan OS Windows Phone 7"

Post a Comment

 
Return to top of pageCopyright © 2012 | Blog Koleksiku Saja Converted into Blogger Template by Gusmanto